Rabu, 13 Oktober 2010

RESUME BAB II . PENGANTAR BISNIS

RESUME BAB II

PENGARUH LINGKUNGAN TERHADAP PERUSAHAAN
Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita. Oleh karena itu perusahaan-perusahaan mempunyai beberapa tanggung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Istilah tanggung jawab social menunjukan pertimbangan manajemen tentang pengaruh-pengaruh social disamping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusannya. Tanggung jawab social tersebut mencakup hal-hal seperti bidang kesehatan, informasi konsumen, praktek tanpa diskriminasi, dan pemeliharaan lingkungan fisik.

Pengertian lingkungan perusahaan
Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhui perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.

Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik
Dalam masyarakat pluralistik, terdapat banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri.  Berbagai kelompok tersebut dapat menyebarkan kekuatan dan mencegah terjadinya pemusutan kekuatan pada satu segmen masyarakat saja. Hubungan-hubungan yang baik dapat terjadi dengan saling memberi melalui kompromi, bukannya dengan paksaaan. Dalam hal ini, pluralisme mencerminkan usaha manusia untuk mempertemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai oraganisasi.

Kesan negatif tetang perusahaan
Keritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, normal, etik, dan politik saja. Tetapi juga menyangkut lingkungan fisik. Limbah kimia yang berbahaya bagi kehidupan dibuang begitu saja ke sungai. Polusi udara juga meningkat, bahkan belum lama ini di Jakarta telah ditemukan bahwa kandungan carbon monoxida dalam air hujan cukup banyak. Sehingga masyarakat Jakarta dianjurkan untuk tidak menggunakan air hujan sebagai air minum.

Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negatif
Untuk memperbaiki adanya kesan-kesan negatif dari masyarakat terhadap perusahaan, tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalah yang negatif serta perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif.

LINGKUNGAN FISIK, ENERGI DAN KONSERVASI
Ekologi
Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Kualitas lingkungan kita sudah semakin menurun. Hal ini terutama disebabkan oelh kombinasi dari tiga faktor :
  1. semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
  2. perkembangan teknologi baru
  3. semakin meningkatnya kemakmuran ekonomi.



Macam-macam Polusi
Polusi merupakan penguruskan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja. Air dan udara yang bersih, sekarang telah tercemar. Masing-masing jenis polusi berikut ini menjadi ancaman bagi yang sehat.
  • Pencemaan udara
polusi udara ini menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Kita juga mengalami keadaan yang serupa di udara bebas ini miskipun kadar gas karbon yang kita hirup perharinya jauh lebih kecil. Tetapi, dpat diduga bahwa pencemaran udara seperti ini berpengaruh negatif pada kesehatan badan setiap oarang.
  • Pencemaran air
Jara antra sumber air tanah dengan tangki peresapan (pembuangan kotoran) saling berdekatan sehingga bakteri-bakteri dalam tangki peresapan dapat merembes masuk ke sumber air. Air yang mengandung bakteri-bakteri itu tidak bagi kesehatan badan jika diminum.
  • Pencemaran Smapah Awet
Di dunia ini hanya ada tiga macam tempat pembunagan sampah, yaiutu bumi, air dan  angkasa. Manajemen yang baik menyangkut pembuangan sampah ketiga tempat tersebut sangat berpengaruh pada kesehatan lingkungan masyarakat. Hal-hal yang berkaitan dengan sampah awet akan selalu menjadi persoalan. Di daerah perkotaan yang semakin padta penduduknya akan semakin sulit manajemen pembuangan sampahnya. Jika sampah dibakar, pencemaran udara yang timbul sangat menggangu lingkungan.

Energi dan Konservasi
Di Indonesia sumber energi minyak bumi sudah lama digunakan disamping batu bara dan air. Kemudian muncul penggunaan sumber energi matahari serta kemungkian penggunaan tenaga nuklir.

LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
Alasan-alasan bagi meningkatnya pengeluaran pemerintah
Alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikkan pajak adalah utnuk menaikkan pajak adalah untuk mebiayai pengeluaran yang semakin meningkat.
  1. Pajak Tidak Langsung
Pajak tidak langsung dapat dikenakan atas barang-barang seperti rokok, tembakabu, minuman keras dan sebagainya, yang dibayar oleh importir, produsen dan pedagang besar. Macam pajak lain yang termasuk pajak tidak langsung adalah pajak penjualan impor, cukai, bea masuk, pajak ekspor, dan sebagainya.
  1. Pajak Langsung
Pajak kekayaan dalah termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut pada pembayaran pajak. Macam pajak lain yang dapat digolongkan sebagai pajak langsung ini adalah pajak pendapatan (PPd), pajak perseroan (PPs) dan pajak dividen.


Secara keseluruhan penerimaan pemerintah dapat diperoleh dari :
v     Penerimaan dalam negeri, meliputi : pajak langsung, pajak tidak langsung, pnerimaan minyak dan penerimaan bukan pajak.
v     Penerimaan pembangaunan, meliputi : bantuan program dan bantuan proyek.
Sedangkan seluruh pengeluaran pemerintah dapat dikelompokan ke dalam :
v     Pengeluaran rutin, antara lain : belanja pegawai, belanja barang, subsidi daerah otonom, bunga dan cicilan utang serta pengeluaran lain.
v     Pengeluaran pembangunan.

LINGKUNGAN HUKUM
Hukum yang ada di Indonesia dpat dikelompokan ke dalam : (1) hukum publik dan (2) hukum privat.

Hukum Publik
Hukum publik ini mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum.

Hukum Privat
Hukum privat merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dlam masyarakat. Termasuk ke dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

LINGKUNGAN PEMERINTAH
Pemerintah telah banyak membantu kegiatan usaha dalam berbagai bentuk, antara lain perlindungan terhadap kekayaan dan hak paten, serta pengadaan kontrak-kontrak. Disini terdapat suatu dorongan yang membantu secara langsung pada masing-masing sektor dalam perekonomian.

Perhatiaan Pemerintah terhadap Keggiatan Usaha
Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan haraga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan semacam ini disebut dengan subsidi.

  1. Bantuan di Bidang Transportasi
  2. Bantaun pada Perusahaan-perusahaan KECIL
Bantuan kepada perusahaan-perusahaan kecil dapat digolongkan ke dalam tiga golongan, yaitu :
    • Bantuan finansial:
    • Bantuan pemberian kontak: serta
    • Bantuan teknik dan manajemen.
  1. Bantuan di Bidang Komunikasi


LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkuangan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia. Keadaan perekonomian nasional menjadi saling terpengaruh dan saling tergantung pada masalah-masalah internasional.

Neraca Pembayaran Internasional  
Keadaan perekonomian internasional beberapa negra ditunjukan dalam neraca pembayaran. Neraca pembayaran ini menggambarkan transaksi-transaksi internasional, yaitu jumlah utang negara X kepada negara Y dan jumalh utang dari negara Y kepada negra X.

Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multi Corporation)
Perusahaan-perusahaan Multinasional kebanyak berasal dari negra-negara Eropa, Amerika dan Jepang. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa negara selain negaranya sendiri.

Kegiatan-kegiatan Multipoint
Perusahaan-perusahaan bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya kesatu negra saja, tetapi juga ke negara-negara lain. Dewasa ini Indonesia sudah banyak terdapat banyak perusahaan Mutinasioanl yang terus meningkatkan operasinya. Misalanya : Coca cola, Toyota, Sharp, Mitsubhisi, Oliveti, FNCB dan sebagainya.

Ciri-ciri Perusahaan Multinasional
PBB dalam lapaoran tahunan 1973 mendefinisikan perusahaan multinasioank sebagi sutau perusahaan yang kegiatan pokonya meliputi usaha-usaha pengolah/manufaktur atya pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara. Dengan definisi ini maka Perusahaan Multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlagnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.

Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasioanal
  1. Kebaikan Perusahaan Multinasional :
    • Menambah devisa negara melalui penanaman modal dibidang ekspor.
    • Mengurangi kebutuhan devisa untuk impor disektor industri.
    • Menambah pendapatan negara berupa pajak-pajak dan royalti dari peruashaan-perusahaan tersebut.
    • Menambah kesempatan kerja dengan membuka lapangan kerja baru.
    • Meningkatkan tarf hidup karyawan.
    • Meningkatkan kemampuan dan keterampilan.
    • Memodernisir industri.
    • Menambah arus barang karena meningkatnya produksi nasional.
    • Memperluas psar faktor-faktor produksi dalam negri.
    • Ikut mendukung pembangunan.
  2. Keburukan Perusahaan Multinasional :
·        Makin banyak perusahaan multinasioanal yang didirikan dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara. Tetapi jika jumlahnya sedikit, maka arti kuatitatifnya tidak banyak.
·        Perusahaan-perusahaan multinasional tersebut mempereoleh hasil berupa :
-         keuntungan yang akan dialihkan keluar negri kepada pemegang sahamnya.
-         Penyusutan/depresi, dalam praktek sering digunakan untuk menyembunyikan keuntungan-keuntungan agar tidak terkena pajak.
-         Kebutuhan akan bahan baku dan barang modal harus didatanngakan dari luar negri yang dalam pelaksanaannya pemerintah harus menyediakan fasilitasnya.

Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
  1. Export and Import Commision Houuse
Merupakan wakil-wakil dari pembeli. Export Commision House menerima pesanan dari pembeli-pembeli di luar negeri kemudian memenuhi pesanan tersebut dan menyelesaikan maslah-maslah pengeksporan, serta menerima komisi atas dasar nilai barang yang diekspor.
  1. Merchant Exporters and Importers
Tidak seperti Commision House, Merchant Exporters and Importers memperoleh penghasilan dari keuntungan dalam perdagangan, jadi bukannya komisi.
  1. Manufactur’s Export Agents
Export agents bertindak sebagai departemen/bagian eksport dari sebuah perusahaan/produsen atau sekelompok perusahaan.
  1. Export and Import Brokers
Makelar (broke) dalam kegiatan eksport – import berusaha mempertemukan pembeli dan penjual bersama-sama. Atas jerih payahnya mereka mendapatkan komisi dari transaksi yang terjadi.

Perkembangan Import dan Eksport Indonesia
Barang-barang yang termasuk kategori bukan minyak dikelompokan lagi menjadi :
a.       Golongan barang utama, terdiri atas : kayu, karet, timah, minyak kelapa sawit, kopi, tembakau, teh dan biji kelapa sawit.
b.      Golongan barang lain, terdiri atas : hewan beserta hasilnya, lada, bungkil korpa, korpa, bahan makanan, barang tambang dan lain-lain.

Import yang dilakukan Indonesia selama ini meliputi tiga macam golongan barang, yakni:
a)      Barang konsumsi, terdiri atas :beras, tepung terigu, tekstil dan lain-lain.
b)      Bahan baku dan penolong, terdiri atas : cengkeh, bahan kimia, hasil dan preparat kimia, bahan cat, pupuk, kertas, benang tenun, cambirc dan shiring, bahan bangunan, dan lain-lain.
c)      Barang modal terdiri atas : mesin-mesin, generator listrik, alat telekomunikasi, dan lain sebagainya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar