Jumat, 18 Maret 2011

Tugas 2


TEORI STRATEGI PEMBANGUNAN

Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan produk domestic bruto suatu Negara atau daerah dalam jangka panjang. Kenaikan PDB tersebut lebih besar daripada tingkat pertumbuhan penduduk. Singkatnya, pembangunan ekonomi adalah suatu proses yang bertujuan untuk menaikkan PDB suatu Negara atau daerah melebihi tingkat pertumbuhan dalam jangka panjang.
Di dalam pembangunan ekonomi, kenaikan pendapatan masyarakat diikuti pula oleh perubahan dalam struktur social dan sikap masyarakat. Selain kenaikan pendapatan, tujuan pembangunan ekonomi perbaikan lembaga pemerintah, perbaikan sikap, dan usaha memperkecil jurang pemisah antara sikaya dan simiskin.
Menurut Profesor Dudley Seers, suatu perkembangan ekonomi dikatakan berhasil apabila pendapatan per kapita masyarakat meningkat (kemiskinan berkurang), tingkat pengganguran berkurang, dan kesenjangan social mengecil.

Teori-teori Pembangunan
Pembangunan merupakan konsep normatif yang mengisyaratkan pilihan-pilihan tujuan untuk mencapai apa yang disebut sebagai realisasi potensi manusia. Pembangunan tidak sama maknanya dengan modernisasi, jika kita memahami secara jelas mengenai makna sesungguhnya dari hakikat pembangunan itu sendiri. Dalam Economic Development in THe Third, Todaro, (2000) mengatakan: Kartasamita (1996) mengatakan pembangunan adalah usaha meningkatkan harkat martabat masyarakat yang dalam kondisinya tidak mampu melepaskan diri dari perangkap kemiskinan dan keterbelakangan.A Membangun masyarakat berarti memampukan atau memandirikan mereka. Dimulainya proses pembangunan dengan berpijak pada pembangunan masyarakat, diharapkan akan dapat memacu partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan itu sendiri.
Menurut Tjokrowinoto (1997), batasan pembangunan yang nampaknya bebas dari kaitan tata nilai tersebut dalam realitasnya menimbulkan interpretasi-interpretasi yang seringkali secara diametrik bertentangan satu sama lain jehingga mudah menimbulkan kesan bahwa realitas pembangunan pada hakikatnya merupakan self project reality. Sumber perbedaan pendapat ini pun bermacam-macam, mulai dari perbedaan dalam perspektif epistemologik-ontologik pada tingkat filsafat, sampai pada perbedaan penilaian atas definisi pembangunan sebagaimana diwujudkan pembangunan itu sendiri dalam konteks empirik.


RENCANA STRATEGIS PEMBANGUN INDNESIA

I.                   DI BIDANG KESEHATAN

MENINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT TERUTAMA IBU DAN
ANAK DENGAN MELIBATKAN PERANAN PEMERINTAH DAERAH DAN
MASYARAKAT
PEMBERDAYAAN TENAGA MEDIS DAN PARAMEDIS
DENGAN JUMLAH DAN PERSEBARAN TENAGA MEDIS DAN PARAMEDIS YANG
MAKIN MENINGKAT DAN MENINGKATKAN EFEKTIFITAS MEREKA, BERUPA
PEMBERDAYAAN PERAN DAN FUNGSI MEREKA TERUTAMA DALAM HAL -HAL
SEBAGAI BERIKUT:
PERHATIAN PADA TENAGA KESEHATAN UNTUK IBU, ANAK DAN REMAJA
UNTUK MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU, ANAK DAN REMAJA
PENINGKATAN MUTU BIDAN MANDIRI DAN TENAGA PARAMEDIS TERLATIH
MELANJUTKAN UPAYA MENURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU HAMIL DAN
MELAHIRKAN (AKI) Dengan:
MELANJUTKAN GERAKAN IBU SEHAT SE JAHTERA YANG TELAH
DILUNCURKAN TAHUN 1995.
MELANJUTKAN GERAKAN SAYANG IBU YANG JUGA TELAH
DILAKSANAKAN SECARA LINTAS SEKTOR.
MELANJUTAN UPAYA "SAFEMOTHERHOOD  INITIATIVE" YANG
BERSPEKTRUM LUAS DAN MENARIK PARTISIPASI KALANGAN
NASIONAL DAN INTERNASIONAL.
GERAKAN IBU SEHAT DAN SEJAHTERA       

II.                PENDIDIKAN, PEMBELAJARAN DAN PELATIHAN DENGAN:

PENGEMBANGAN MODEL SEKOLAH UNGGULAN TERUTAMA UNTUK MELAYANI
ANAK-ANAK TERLANTAR DAN KURANG BERUNTUNG  (COMMUNITY COLLEGE)
MEMBERIKAN PERHATIAN KHUSUS BAGI ANAK PEREMPUAN
MEMPERSIAPKAN ANAK PEREMPUAN UNTUK MAMPU MENENTUKAN PILIHAN
SECARA PROFESIONAL DAN DEMOKRATIS
HANYA 39% ANAK USIA SMA YG SEKOLAH
PENGHARGAAN KEPADA ANAK SMA KELAS III PEREMPUAN UNTUK
MERANGSANG WAJIB BELAJAR 12 TAHUN DAN SEKOLAH LEBIH TINGGI
MEMOTONG RANTAI KEMISKINAN PELATIHAN USAHA MIKRO
LATIHAN KETRAMPILAN Dl SEKOLAH AKAN MERUPAKAN AWAL DARI
KETERAMPILAN NYATA DILAPANGAN DIKEMUDIAN HARI
MENERAPKAN SECARA DINI DISEKOLAH ANTARA TEORI DAN PRAKTEK
LAPANGAN DENGAN PENUH TANGGUNG JAWAB
PENGEMBANGAN KOPERASI DI SEKITAR SEKOLAH
MEMBANTU USAHA KOPERASI DI DESA SEKITAR SEKOLAH ATAU SEKITAR
RUMAH SISWA
IKUT PROMOSI PENGGUNAAN PRODUKSI DALAM NEGERI, HASIL SETEMPAT DAN
DAERAH LAIN
UNTUK ITU DIPERLUKAN DUKUNGAN SEKOLAH DAN ORANG TUA BANTUAN BELAJAR UNTUK ANAK PEREMPUAN
AGAR SEKOLAH LEBIH TINGGI,
UNTUK MEMPERBAIKI KESETARAAN GENDER
DALAM UPAYA PENGENTASAN KEMISKINAN.
PROGRAM KHUSUS UNTUK GENERASI MUDA
DENGAN MEMBERI PERHATIAN KHUSUS UNTUK ANAK KELUARGA
KURANG MAMPU (UNDER-PRIVILEGED)
MEMBERI MUATAN PROGRAM KESEHATAN REPRODUKSI UNTUK SISWA DAN
PUTUS SEKOLAH. (Misalnya NAPZA, HIV/AIDS)
PROGRAM UNTUK GENERASI MUDA DAPAT DILAKSA NAKAN MELALUI
BERBAGAI SALURAN DAN PROGRAM TERKAITPENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI
DILAKSANAKAN DI PERGURUAN TINGGI
MELALUI PENINGKATAN ILMU PENGEMBANGAN SDM
MENGEMBANGKAN MODEL SEKOLAH UNGGULAN YANG MENGUTAMAKAN
SEGMEN MASYARAKAT KURANG BERUNTUNG

III. MEMBANGUN KEMANDIRIAN EKONOMI KELUARGA

BERTUJUAN UNTUK MEMPERBAIKI EKONOMI KELUARGA MELALUI ORIENTASI
PASAR SETEMPAT
KHUSUSNYA MEMBANGUN JEJARING ANTAR PARA IBU Dl PEDESAAN
MENGGUNAKAN POLA GOTONG ROYONG DALAM MEMBANGUN EKONOMI
KELUARGA DALAM KELOMPOK
MEMBERIKAN DUKUNGAN MANAJEMEN DAN ALOKASI SUMBER DANA. ANTARA
LAIN, DENGAN CARA MENARIK/MEMBUKA PELUANG INVESTASI PENGUSAHA DI
PERKOTAAN DAN PEDESAANIV. MENINGKATKAN MUTU LINGKUNGAN HIDUP DAN SARANA PRASARANA
YANG MEMADAI, DENGAN MEMPERHATIKAN :
MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK BERPERILAKU
MEN JAGA DAN MELESTARIKAN SUMBER DAYA ALAM
MENGADAKAN PENGAWASAN YANG  INTENSIP DAN PENEGAKAN HUKUM
TERHADAP PERUSAK LINGKUNGAN
MENINGKATKAN KESADARAN PARA PERENCANA DAN PENGAMBIL
KEPUTUSAN UNTUK MEMPERHATIKAN TATA RUANG BAGI PEMBANGUNAN
MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT P E NTIN G NYA
MEMBANGUN RUMAH DAN FASILITAS UMUM YANG SEHAT

HAL-HAL YANG MEMACU KEBERHASILAN

I. MENGEMBANGKAN PARTISIPASI DI MASYARAKAT DENGAN:
MELALUI PENINGKATAN KEGIATAN ORGANISASI WANITA SETEMPAT
(COMMUNITY-BASED ORGANIZATION dan PRIVATE VOLUNTARY ORGANIZATION)
MENGEMBANGKAN KEPEMIMPINAN YANG UNIK UNTUK DAERAH SETEMPAT
MENGEMBANGKAN PELAYANAN MANDIRI DALAM BERBAGAI SEGI KEHIDUPAN

II. MEMBANGUN JEJARING KERJA
Dengan upaya sentral:
MEMPERKENALKAN PENGALAMAN DAERAH (PEMKAB, PEMKOT dan PEMPROV)
YANG BERHASIL KE DAERAH YANG LAIN DI INDONESIA MEMPERKENALKAN PENGALAMAN INTERNASIONAL DI INDONESIA
MEMPERKENALKAN PENGALAMAN INDONESIA DI DUNIA INTERNASIONAL
ADVOKASI PEM8ANGUNAN BERWAWASAN PENDUDUK KEPADA HALAYAK LUAS



SISTEM PERENCANAAN PEMBANGUNAN INDONESIA

SISTEM PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL


(Undang Undang No.25/2004)

Perencanaan adalah suatu proses untuk
menentukan tindakan masa depan yang tepat,
melalui urutan pilihan, dengan memperhitungkan
sumber daya yang tersedia.

Pembangunan Nasional adalah upaya yang
dilaksanakan oleh semua komponen bangsa dalam
rangka mencapai tujuan bernegara.

Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional
ta cara perencanaan  adalah satu kesatuan ta
pembangunan untuk menghasilkan rencanarencana pembangunan dalam jangka panjang,
jangka menengah, dan tahunan yang dilaksanakan
oleh unsur penyelenggara negara dan masyarakat
di tingkat Pusat dan Daerah.



TUJUAN PEMBANGUNAN NASIONAL

• Mendukung koordinasi antarpelaku
pembangunan;

• Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan
sinergi baik antarDaerah, antarruang,
antarwaktu, antarfungsi pemerintah maupun
antara Pusat dan Daerah;

• Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara
perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan
pengawasan;

• Mengoptimalkan partisipasi masyarakat; dan

• Menjamin tercapainya penggunaan sumber daya
secara efisien, efektif,  berkeadilan, dan
berkelanjutan.RUANG LINGK


RUANG LINGKUP PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL

• Perencanaan Pembangunan Nasional
mencakup penyelenggaraan perencanaan
makro semua fungsi pemerintahan yang meliputi
semua bidang kehidupan secara terpadu dalam
Wilayah Negara Republik Indonesia.

• Perencanaan Pembangunan Nasional terdiri
atas perencanaan pembangunan yang disusun
secara terpadu oleh Kementerian/Lembaga dan
perencanaan pembangunan oleh Pemerintah
Daerah sesuai dengan kewenangannya.
– Perencanaan Jangka Panjang
– Perencanaan Jangka Menengah
– Perencanaan Tahunan

sumber : www.google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar